Pages

Senin, 20 Mei 2013

Struktur Pasar

    Struktur Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. 

    Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.

Pasar Persaingan Sempurna


    Pasar persaingan sempurna adalah pasar di mana penjual dan pembeli sangat banyak sehingga harga tidak dapat ditentukan oleh seseorang melainkan oleh kekuatan penawaran dan permintaan.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:

a) pembeli dan penjual banyak sehingga penjual dan pembeli secara perseorangan tidak dapat sesukanya menentukan harga di pasar

b) barang yang diperjualbelikan bersifat homogen

c) pemerintah tidak ikut campur dalam pembentukan harga

d) pembeli bebas memilih produk

e) penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar
.

Pasar Monopoli

     Pasar monopoli adalah (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) suatu pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai perdagangan barang atau jasa. Satu penjual tersebut menguasai penjualan sehingga mereka bebas menentukan harga dan barang yang dijualnya.

Ciri-ciri pasar monopoli:

a) hanya ada satu penjual

b) pembeli tidak punya pilihan lain dalam membeli barang

c) tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang substitusi yang sempurna

d) harga ditentukan oleh perusahaan.

Pasar Monopolistis


       Pasar Monopolistis adalah pasar yang di dalamnya terdapat persaingan antara pedagang yang melakukan monopoli barang-barang yang diperjualbelikan pada dasarnya sama, tetapi jenisnya beraneka ragam.

Ciri-ciri pasar monopolistik:

a) terdapat banyak penjual

b) terdapat diferensiasi produk

c) produsen dapat mengendalikan harga pada tingkat tertentu.

Pasar Oligopoli

      Pasar oligopoli adalah suatu pasar di mana hanya terdapat sedikit penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak.

Ciri-ciri pasar oligopoli:

a) hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar


b) barang yang dihasilkan atau dijual bersifat sama


c) sulit untuk masuk ke pasar karena investasinya tinggi

d) timbulnya pasar oligopoli ini disebabkan proses produksi menuntut dipergunakannya teknologi modern yang mendorong ke arah produksi secara besar-besaran sehingga persaingan melalui iklan sangat kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar