Pages

Senin, 03 Juni 2013

Penjelasan Singkat Tentang Tiki Taka

    Permainan tiki -taka yang diusung Barcelona dalam beberapa tahun belakangan memang merupakan senjata yang sulit dilumpuhkan. Barcelona mendominasi Liga Spanyol dan kompetisi domestik lainnya dalam beberapa musim terakhir. Yang paling fenomenal tentu saja terjadi pada tahun 2009. Saat itu Barcelona mengumpulkan enam gelar sekaligus , yaitu Liga Spanyol , Piala Liga, Liga Champions, Piala Super Eropa , Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub. Suatu perolehan yang belum pernah disamai oleh tim sepakbola manapun sepanjang sejarah.

    Tiki Taka itu sendiri adalah sebuah gaya permainan yang menjadi ciri khas dari club asal spanyol yaitu FC Barcelona. gaya permainan ini adalah sebuah modifikasi dan pengembangan dari filosofi sepakbola total football. Semenjak era Johan Cruyff , total football memang menjadi filosofi permainan yang diusung oleh FC Barcelona , yang kemudian dimodifikasi oleh Pep Guardiola menjadi permainan tiki -taka ( yang sebelumnya pernah juga diterapkan oleh pelatih timnas Spanyol, Luis Aragones pada Piala Dunia 2006, namun gagal ). Untuk dapat memahami apa yang dimaksud dengan tiki -taka , maka kita harus terlebih dahulu tahu apa dan bagaimana total football itu terlebih dahulu.

    Filosofi dari Total Football adalah kebebasan dari setiap pemain di dalam lapangan, sehingga tidak ada pemain yang memiliki posisi tetap, memungkinkan untuk keluar dari posisi aslinya dan digantikan oleh pemain lainnya untuk menutup posisi yang ditinggalkan pemain tersebut. misalkan pemain penyerang bisa menjadi pemain bertahan dan pemain bertahan bisa menjadi penyerang sesuai dengan kondisi dan keadaan diatas lapangan. satu-satunya pemain yang tidak berpindah posisi adalah penjaga gawang.


    Ketika Barcelona atau timnas Spanyol bermain, para pemain bertahan mereka bisa berada di dalam daerah musuh ( tengah lapangan) untuk membuat gerak pemain lawan menjadi terbatas, seolah -olah mereka seperti bertahan di daerah pertahanan lawan. Perbedaannya, tiki -taka sangat didominasi oleh umpan -umpan pendek , umpan satu-dua, dan penguasaan bola. Dalam hal ini dibutuhkan kemampuan passing yang mumpuni, dan kekompakan yang luar biasa oleh sebuah team. Penguasaan bola menjadi faktor utama dalam tiki taka karena bertujuan untuk memonopoli permainan, atau mengendalikan permainan itu sendiri dengan membuat bola tetap berada pada penguasaan tim.


    Perbedaan tiki taka dengan total football adalah tiki- taka tidak terlalu memberi kebebasan kepada pemainnya untuk bergerak bebas layaknya total football . Dalam tiki -taka pemain memiliki kecenderungan untuk tetap berada pada posisinya dan pergerakan pemain terbatas hanya untuk membuka ruang dan memperkecil jarak permainan lawan, karena tiki taka tidak terlalu mementingkan perubahan posisi secara tiba-tiba seperti total football.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar