Pages

Rabu, 20 Juni 2012

Aplikasi Perkuliahan Dengan Cara Softskill

1. Pengertian Soft Skills
        Aplikasi perkuliahan dengan cara softskill adalah salah satu mata kuliah yang mengasah keterampilan mahasiswa untuk dapat berkreasi terutama pada penulisan. Penulisan tersebut bisa berisikan materi dari perkuliahan matakuliah yang ditunjuk untuk dijadikan bahan tuisan yang kemudian di upload dimasing masing blog, selain itu kita bisa menulis tentang hal hal yang lain seperti, mengomentari soal suatu permasalahan yang ada di sekitar kita, atau sebuah peristiwa yang sekarang-sekarang ini sedang gencar-gencarnya diberitakan diberbagai media baik media elektronik maupun media cetak.kemudian kita dapat menuliskan beberapa karya penulisan seperti cerpen, novelit, pusi ddan lain sebagainya.

         Maanfaat dari softskill adalah, salah satunya dapat bertukar informasi dengan banyak orang, kita menjadi sangat tau dengan cepat informasi yang sekarang sedang up to date atau yang sedang berkembang di lingkup masyarakat, kemudian mahasiswa menjadi lebih kritik menanggapi hal-hal yang ada di tulisan masing masing dari penulis yang lain, sehingga mahasiswa tergerak untuk menulis sebuah tulisan yang bermanfaat dan baik.

      Konsep tentang soft skill sebenarnya merupakan pengembangan dari konsep yang selama ini dikenal dengan istilah kecerdasan emosional (emotional intelligence). Soft skill sendiri diartikan sebagai kemampuan diluar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal.

2. Peranan dari Soft Skills
        Secara garis besar soft skill bisa digolongkan ke dalam dua kategori : intrapersonal dan interpersonal skill. Intrapersonal skill mencakup : self awareness (self confident, self assessment, trait & preference, emotional awareness) dan self skill ( improvement, self control, trust, worthiness, time/source management, proactivity, conscience). Sedangkan interpersonal skill mencakup social awareness (political awareness, developing others, leveraging diversity, service orientation, empathy dan social skill (leadership,influence, communication, conflict management, cooperation, team work, synergy)

3. Cara peng-upload tulisan dan tugas ke blog.
- Menulis tulisan (yang akan kita muat di blog) di Microsoft Word.
- Setelah tulisan sudah selesai di buat lalu di save di folder yang di inginkan.
- Aktifkan jaringan internet agar dapat tergubung ke internet.
- Buka Link blog yang di miliki.
- Isi perintah dengan benar, email blog dan password.
- Jika blog sudah terhubung atau terbuka, selanjutnya klik ‘Entri Baru’ untuk memuat tampilan seperti Microsoft Word.
- Lalu copy tulisan yang ada di Microsoft Word, lalu paste di tampilan blog.
- Jika di rasa kurang rapih, rapihkan hingga sudah terasa tulisan tersebut sudah rapih.
- Selanjutnya, klik ‘Pratinjau’Tunggu beberapa saat hingga keluar tampilan ‘Lihat Entri’, kemudian klik.
- Maka tulisan tersebut akan muncul di layar.

4. Cara peng-upload tulisan dan tugas dari blog ke Studentsite.
- Saat peng-upload’an pada blog setelasi, akan keluar URL.
- Copy URL tersebut.
- Buka tautan baru untuk mengakses Studentsite. Isi perintah dengan benar, nama dan password.
- Jika Studentsite sudah terbuka, kemudian pilih di pilihan menu yang terletak di kanan atas, pilih tulisan atau tugas lalu klik.
- Jika memilih tugas, kemudian tulis title tugas, mata kuliah lalu paste URL yang sebelumnya sudah di copy.
- Jika memilih tulisan, kemudian tulis title lalu paste URL yang sebelumnya sudah di copy.

5. Jelaskan apa dan bagaimana perkuliahan softskill
       Mata kuliah soft skill salah satu tujuannya adalah untuk membuka wawasan mahasiswa dengan membuat tulisan yang terkait dengan topik - topik yang berkaitan dengan mata kuliah yang menunjang mata kuliah soft skill tersebut. untuk mata kuliahnya sendiri berbeda - beda setiap jurusan, karena kampus yang berbasis IT dan mengoptimalisasi semua program kampus dengan IT, maka memiliki blog wajib untuk mengikuti mata kuliah soft skill ini lalu dari blog tugas dan tulisan di upload ke studentsite.

Sumber :
http://ferziqo-kurniaefan.blogspot.com/2012/06/ibd-tugas-akhir-aplikasiperkuliahan.html
http://astriaoktadary.blogspot.com/2012/06/aplikasi-perkuliahan-dengan-cara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar