A. Manajemen dan Organisasi.
Organisasi
adalah tempat orang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah mereka
sepakati bersama. Jika tujuan mereka adalah untuk mencari keuntungan maka
organisasi mereka disebut perusahaan. Jika tujuan mereka untuk bermain bola
maka organisasi mereka disebut organisasi sepakbola dsb. Agar organisasi itu
dapat berjalan dengan baik perlu pengelolaan, pekerjaan mengelola itu disebut
manajemen dan orang yang mengelola/memimpin disebut manejer. Jadi, dalam rangka
manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya
(consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.
B. Manajemen dan Tata Kerja.
Tata kerja
atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu
yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga
proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
C. Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja.
Eratnya hubungan atau hubungan
timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
a) Manajemen
–> Proses kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui kerjasama antar
manusia.
b) Organisasi
–> Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan
kerjasama.
c) Tata kerja –> Pola
cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga
tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah
bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada
tercapainya tujuan.
D. Arti Penting Organisasi dan Metode.
Organisasi
adalah sekumpulan orang atau badan yang mempunyai tujuan yang sama. Pandangan
umum organisasi dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
a. Sebagai wadah –> tempat dimana kegiatan manajemen
dijalankan.
b. Sebagai proses –> memperhatikan interaksi/kerja sama antar
orang-orang yang menjadi anggota organisasi tersebut :
Hub. Formal = hubungan yang
ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
Hub. Informal = mempunyai 3
peranan, yaitu :
Sarana komunikasi.
Mengatur jalannya kerja sama.
Kebebasan bertindak oleh anggota
organisasi tersebut.
c. Sebagai sistem –> dibagi
menjadi 3, yaitu:
1. Sistem sosial (antar sesama
manusia)
2. Sistem fungsional (antar
fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk
tercapainya suatu tujuan.
3. Sistem komunikasi (sistem tata
saluran/arus informasi dalam organisasi)
Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi.
A. Ciri-ciri organisasi
1. Terdiri daripada dua orang atau lebih
2. Ada kerjasama
3. Ada komunikasi antar satu anggota dengan yang
lain
4. Ada tujuan yang ingin dicapai.
B. Unsur-unsur organisasi
1. Manusia(man) : dalam
keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang
terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsidan
tingkatannyaterdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan
tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja
yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.
2. Kerjasama (team work) :
suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota oeganisasi yang dilakukan
bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi
dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya
masing-masing.
3. Tujuan bersama : adalah arah
atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang
diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi
harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai
dengan keinginan bersama.
4. Peralatan(equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam
organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.
5.
Lingkungan(environtment) : yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :
a. kondisi atau situasi yang
secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi berjalannya organisasi karena
kondisi atau situasi sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya.
b.Tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi.
c. Wilayah operasi yang
dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat,
yaitu wilayah kegiatan,wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan
atau kekuasaan.
6. Kekayaan
alam : yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll.
7.
Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri.
C. Teori-teori Organisasi
1. Menurut James D. Mooney : organisasi adalah suatu bentuk kerjasama
manusia untuk pencapaian tujuan bersama.
2. Menurut Thester I. Bernard :
organisasi merupakan suatu sistem kerjasama dari 2 orang atau lebih, sesuatu
yang tak terwujud dan tidak bersifat perseorangan dan sebagian besar mengenai
hal-hal hubungan.
3. Menurut J. M. Gaus : organisasi adalah tata hubungan antar
orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya
pembagian tugas dan tanggung jawab.
organisasi
adalah alat untuk tercapainya tujuan dari sebuah Hubungan manajemen dan
organisasi manajemen.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar